iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Friday, May 27, 2011

Bekerja pada Kantor Lembaga Hukum

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kantor lembaga hukum itu kerjanya bukan membalik kemungkaran seolah-olah menjadi kebaikan. Bukan membolak-balik kebenaran menjadi kebatilan atau sebaliknya. Kami kira anda lebih tahu hal itu.

Kantor lembaga hukum itu kerjanya membantu memberikan penjelasan atas hak-hak seseorang. Bila seseorang dituduh melakukan suatu kejahatan, maka lembaga ini memberikan masukan dalam bentuk pembelaan atas hal-hal yang dituduhkan. Intinya, agar seseorang tidak dipersalahkan atas sesuatu yang memang bukan kesalahannya.

Anggaplah memang seseorang telah terbukti melakukan kesalahan, maka fungsi lembaga ini adalah memastikan bahwa seseorang hanya boleh dihukum atas kesalahannya yang benar-benar dilakukannya, tidak ditambahi dengan hal-hal yang tidak pernah dilakukannya.

Karena itulah keberadaan lembaga hukum diakui oleh negara, lantaran diyakini fungsi dan perannya yang sangat signifikan. Yaitu memastikan bahwa seseorang tidak dijatuhi hukuman atas hal-hal yang bukan kesalahannya.

Praktek yang Diharamkan

Namun semua jenis pekerjaan semulia apapun, tentu ada celah-celah untuk terjerumusnya kita ke dalamnya. Khusus dalam masalah lembaga bantuan hukum ini, ada juga kemungkinan berlaku curang dan haram.

Misalnya menyogok hakim agar memutuskan perkara yang menguntungkan mereka. Inilah yang dikatakan sebagai risywah yang sering disebutkan di dalam banyak dalil syariah. Pembela ingin agar dia menang dalam perkara, lalu memberikan sejumlah upeti kepada hakim, sehingga keputusan hakim akan cenderung memenangkan perkaranya.

Laknat Allah bagi penyuap dan yang menerima suap dalam hukum. (HR Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzi)

Laknat Allah bagi penyuap dan yang menerima suap. (HR Khamsah kecuali an-Nasa`i dan di shahihkan oleh at-Tirmidzi)

Rasulullah SAW melaknat penyuap, yang menerima suap dan perantaranya. (HR. Ahmad)


Wallahu a'lam bishshawab wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Ahmad Sarwat, Lc.

1 comment:

  1. terima kashi atas informasi yang sudah disampaikan salam kenal dan sukses selalu !

    ReplyDelete

HOT DEAL

ONLINE SHOPING