iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Sunday, May 29, 2011

Shalat di Dalam Kamar Mandi

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Sungguh menyedihkan memang nasib saudara kita yang minoritas di berbagai negeri mayoritas non muslim. Tidak di timur dan tidak di barat, nasibnya memang tidak jauh berbeda. Termasuk di Hongkong yang anda alami.

Ada-ada saja cobaan dan ujian yang harus mereka terima, termasuk dilarang melakukan shalat wajib 5 waktu. Padahal beragama dan beribadah adalah hak asasi tiap manusia. Wajib dihormati oleh siapapun termasuk orang komunis. Namun begitulah moralitas bangsa-bangsa di dunia, jarang yang mau mengerti arti kebebasan beragama.

Terkait dengan pertanyaan anda, keaadaannya memang sangat memprihatinkan. Padahal shalat itu hukumnya wajib bagi setiap muslim. Wajib dilaksanakan pada waktunya, bukan di luar waktunya.

Selama masih ada waktunya, shalat itu sah dilaksanakan. Namun bila secara sengaja dilakukan di luar waktunya, hukumnya tidak sah.

Sedangkan masalah shalat di kamar mandi, yang menjadi larangan adalah bila ada najisnya. Sebab syarat sah shalat itu adalah sucinya badan, pakaian dan tempat shalat dari najis. Sedangkan batasan tempat shalat bukan ruangannya, melainkan alas yang diinjak. Sehingga secara nalar, meski di dalam kamar mandi asalkan tidak terkena najis, masih memenuhi syarat.

Paling tidak dalam keadaan terpaksa, dari pada tidak shalat dan berdosa, masih lebih bisa diterima bila shalat di dalam waktunya, meski di dalam kamar mandi. Asalkan kamar mandi itu dipastikan tidak ada najisnya.

Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc.

No comments:

Post a Comment

HOT DEAL

ONLINE SHOPING