iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Friday, May 6, 2011

Beberapa Fitur Fasilitas Hosting Provider

Sisi penting yang harus Anda pertimbangkan pada saat memilih hosting provider adalah fasilitas yang ditawarkannya. Di bawah ini adalah item-item yang perlu dipertimbangkan dari tawaran hosting provider. Mengapa ini perlu Anda perhatikan? Karena nantinya sebagian dari fasilitas tersebut akan Anda teruskan ke klien Anda. Tentu saja, baik buruknya akan kembali ke Anda. Sebab, klien Anda tidak tahu hosting provider Anda. Tahunya, Andalah hosting provider bagi mereka.

1. Bandwidth. Bandwidth adalah titik kritis bagi perusahaan hosting. Kebalikannya, banyak klien yang tidak memahami ini. Banyak yang beranggapan ruang hard disk yang disewa merupakan parameter yang utama. Tak heran, untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya, banyak perusahaan hosting loyal dalam diskspace tetapi pelit dalam bandwidth. Bandwidth adalah jumlah data yang ditransfer ke dan dari situs ke pengunjung. Perhitungannya termasuk trafik web, FTP, dan email. Satuan yang digunakan biasanya GB, tetapi ada juga yang masih menggunakan MB. Jumlah bandwidth yang Anda dapatkan menentukan juga jumlah account yang dapat Anda buat dalam satu paket reseller dari hosting provider.

2. Diskspace. Disk space adalah jumlah yang dapat Anda gunakan dalam
ruang di harddisk web server. Satuan yang digunakan MB atau GB. Jumlah ini sudah dihitung untuk pemakaian file-fie yang di-upload, file-file untuk email, dan file yang timbul akibat pembuatan database.

3. Domain. Jika Anda mengambil reseller dari provider, perhatikan berapa domain yang diijinkan untuk dikaitkan dengan account Anda tersebut. Jangan sampai Anda kecewa karena tidak mengetahui batasan ini. Misalkan Anda memesan paket dengan disk space 1000 MB. Sudah terbayang dalam benak Anda untuk menjadikan paket kecil-kecil 50 MB sebanyak 20 account. Tetapi ternyata hosting provider hanya mengijinkan Anda untuk menggunakan sampai 10 domain. Nat Anda untuk memecah menjadi 20 account tidak akan kesampaian.

4. Control Panel. Banyak sekali tawaran control panel untuk web hosting. Tetapi bagi web developer baru, CPanel dan Plesk adalah pilihan yang paling umum. Sebaiknya Anda mencari hosting provider yang menyediakan control panel ini sebagai fitur untuk klien Anda. Tetapi terus terang penulis lebih menyukai CPanel jika untuk ditawarkan ke klien. Fitur Fantastico merupakan daya tarik sendiri. Fantastico adalah sebuah fasilitas di mana mereka dapat menginstal berbagai software web dengan cara cepat dan instan. Hanya dengan klik dan klik, mereka dapat menginstal WordPress, Joomla!, dan sebagainya tanpa perlu meng-upload apapun. Jika Anda menggunakan paket reseller/web shared, mungkin control panel ini sudah include pada layanan seperti yang mereka sediakan. Tetapi untuk VPS atau dedicated server, mungkin ada charge lain untuk menginstal control panel ke server Anda.

5. Support Option. Support system adalah salah satu ukuran yang penting untuk menilai apakah hosting provider tersebut credible atau tidak. Dari support system yang mereka punya, Anda dapat menilai apakah mereka akan tanggap jika terjadi problem (terutama problem teknis).

Pastikan apakah Anda bisa melakukan kontak ke bagian teknis atau hanya sampai pada sales support saja. Ada perusahaan hosting yang memilah-milah setiap komplain lalu meneruskan ke bagian yang berhubungan. Ketika kita mempunyai problem teknis, mereka akan menyalurkan kita ke bagian teknisi. Tetapi ada jugs yang kita hanya dapat menghubungi customer support mereka yang notabena sebenarnya adalah sales support. Kelemahannya, jika Anda mempunyai problem teknis, Anda tidak akan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Sebab, mereka sendiri tidak begitu memahami hal teknis. Mereka hanyalah sales support. Kadang-kadang Anda dibuat frustasi dengan jawaban-jawaban standar mereka.

Pastikan apakah setiap pertanyaan bisa mereka jawab melalui telepon, chat online, ataukah harus melalui ticket support. Apakah mereka mengenakan charge atas pertanyaan Anda atau bantuan yang Anda harapkan. Pastikan Anda mengetahui biaya-biaya yang timbul. Ada beberapa perusahaan hosting yang mengenakan biaya terselubung. Ini sah-sah saja, asal Anda tahu dan menerima alasan mengapa mereka melakukannya.

6. Perjanjian. Kebiasaan kita dalam melakukan transaksi dengan perusahaan hosting adalah asal main “Yes, I Agree”. Mungkin ini tidak terbatas dengan perusahaan hosting saja tetapi juga pada saat menginstal software apapun di komputer kita. Kebiasaan ini perlu kita ubah. Saatnya untuk benar-benar mempelajari perjanjian yang disodorkan oleh hosting provider.

7. Komponen-komponen. Selain hal-hal di atas, perhatikan juga hal-hal berikut ini:
• Biaya setup
• Biaya upgrade dan downgrade paket
• Biaya pembatalan
• Biaya dedicated IP
• Biaya-biaya yang tidak dapat dikembalikan
• Term of Services/Kebijakan mereka
• Biaya SSL
• Batasan penggunaan CPU/Memori
• Batasan email
• Batasan jika ternyata situs klien ramai/mendapatkan banyak sekali trafik yang mungkin akan mengkonsumsi resource
• Batasan minimal kontrak

Silakan Anda membuat perbandingan antara satu hosting provider dengan hosting provider lain. Periksalah seksama, apakah penawaran mereka sesuai dengan yang Anda butuhkan. Mungkin tidak ada yang benar-benar memuaskan Anda, tetapi pertimbangkan yang paling mendekati kebutuhan dan kemampuan Anda.

Pustaka: E-Business: Memb.Bisnis Hosting & Domain Oleh Zainal Arifin

No comments:

Post a Comment

HOT DEAL

ONLINE SHOPING