iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Friday, May 6, 2011

Mengenal Beberapa Jenis Browser

Untuk mengawali hampir semua aktivitas dalam berinternet, keberadaan browser sangatlah penting. Browser adalah alat atau perangkat yang memungkinkan pengguna internet untuk menjelajahi dunia maya tersebut dan mengunjungi website-website yang ada. Namun sebelum Anda belajar menggunakan browser, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu mengenai browser itu sendiri beserta tampilannya.

Browser adalah aplikasi atau program dalam komputer yang digunakan untuk melihat konten yang terdapat dalam Internet dan World Wide Web. Konten yang dapat ditampilkan dalam browser antara lain teks, image, video, musik dan data lainnya. Yang terdapat dalam sebuah situs atau halaman situs. Konten dalam situs ini tersimpan di dalam sebuah tempat yang dinamakan Web server. Selanjutnya, browser berkomunikasi dengan Web server mengunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk mengambil data sehingga dapat menampilkan konten dari sebuah situs. Oleh karena itu, alamat atau CTRL dari situs diawali dengan HTTP, agar dapat diakses menggunakan browser.

Dinamakan browser karena berasal dari kata dasar browse yang dalam bahasa Inggris yang berati melihat-lihat. Oleh karena itu, aktivitas melihat-lihat situs dalam Internet melalui browser juga dinamakan dengan istilah browsing. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi mendengar istilah ini. Sebenarnya browser tidak hanya bisa digunakan untuk sekedar melihat-lihat halaman situs saja, tetapi juga sangat diperlukan untuk melakukan aktivitas berinternet yang lainnya.

Ada banyak sekali aplikasi browser yang diciptakan oleh pabrikan yang berbeda, antara lain:

1. Internet Explorer, browser ini dirilis oleh Microsoft. Internet Explorer mungkin merupakan browser yang paling sering digunakan karena merupakan bagian dari sistem operasi Microsoft Windows. Versi terbaru dari Internet xplorer adalah versi 7.0 yang dapat di-update secara gratis bagi Windows XP Service Pask 2. Pada awal tahun 2008, versi beta pertama dari Internet Explorer 8 telah dirilis dan diikuti oleh versi beta keduanya pada bulan Agustus.

2. Mozilla Firefox, yang dirancang oleh Mozilla Corporation dan dikembangkan oleh Mozilla Foundation ini merupakan browser gratis dan open source. Menurut survei yang terdapat dalam situs Wikipedia, hingga Agustus 2008. Mozilla Firefox merupakan browser terpopuler kedua setelah Internet Explorer. Firefox sendiri dapat dijalankan dalam beberapa platfrom seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan lainnya. Versi terbaru dari Firefox adalah versi 3.0.1, yang dirilis pada Juli 2008.

3. Safari, browser yang dikeluarkan pada tahun 2003 oleh Apple Inc. ini termasuk di dalam sistem operasi Mac OS X. Bahkan sejak Mac OS X versi 10.3, Safari telah meniadi browser default. Browser ini juga digunakan untuk produk Apple Inc. yang lainnya, yaitu Apple Whose dan iPodtouch. Namun sejak tahun 2007 Safari pun sudah bisa digunakan dalam sistem operasi Windows XP dan Vista.

4. Opera, Dikembangkan oleh Opera Software. Browser Opera dapat digunakan dalam berbagai peralatan elektornik, seperti PC, ponsel, PDA dan game konsol. Untuk PC dan ponsel, Opera merupakan browser gratis, tetapi tidak bagi peralatan lainnya. Pada PC, Opera dapat digunakan dalam berbagai sistem operasi termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, FreeBSD dan Solaris. Versi terbarunya telah mencapai versi 9.52.

5. Netscape, adalah browser yang diproduksi oleh Netscape Communication Corporation, yang saat ini merupakan cabang dari perusahaan AOL. Dulu Netscape pernah menjadi browser yang paling banyak digunakan, namun sekarang ini keberadaannya telah dikalahkan oleh browser lainnya. AOL sendiri telah menarik diri dari dukungannya terhadap browser ini pada Februari 2008.

Browser mendukung format HTML (HyperText Markup Language) / format file halaman situs, untuk dapat menampilkan sebuah halaman situs. Namun setiap browser memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam mendukung format HTML. Hal inilah yang menyebabkan tampilah sebuah halaman situs dapat berbeda dalam browser satu dengan browser yang lainnya.

No comments:

Post a Comment

HOT DEAL

ONLINE SHOPING