iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Friday, May 6, 2011

Radiasi Elektromagnetik Ponsel Mempengaruhi Tulang

Perdebatan bahwa radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh ponsel menyebabkan kanker dan kerusakan sel otak belum selesai, sekarang kekhawatiran akan berdampak negatif pada kesehatan sel tubuh pengguna telepon meningkat lagi. Sebuah studi baru-baru ini mengatakan, ponsel ini bisa menjadi pengaruh buruk pada pertumbuhan tulang pengguna ponsel. Bagaimana bisa?

Dr Fernando Sravi dari Universitas Nasional Cuyo, Argentina, mengatakan penelitiannya menunjukkan bahwa radiasi elektromagnetik dari ponsel dapat mengurangi kepadatan tulang. Penelitian mengenai pengaruh radiasi ponsel pada tulang sebenarnya telah dilakukan beberapa peneliti sebelumnya. Tapi, Sravi menjelaskan lebih rinci tentang hal itu.

Dalam studinya, ditemukan bahwa pria yang teratur meletakkan ponsel di sekitar pinggang ke kanan, penurunan kandungan mineral dalam tulang (Bone Mineral Content / BMC) dan kepadatan mineral pada tulang (Bone Mineral Density / BMD) di pinggul kanan mereka.

Sravi mengukur tingkat BMC dan BMD di pinggang kiri dan kanan dua kelompok pria sehat. Kelompok pertama terdiri dari 24 peserta yang tidak menggunakan telepon selular. Sementara kelompok kedua, terdiri dari 24 orang yang memiliki kebiasaan menempatkan di tempat handphone yang terpasang di pinggang.

Akibatnya, tingkat rata-rata dan BMC/BMD antara dua kelompok tidak berbeda terlalu banyak. Namun Sravi memberikan catatan, seorang pria yang tidak menggunakan ponsel, masih terdapat BMC tingkat tinggi di tulang paha atas.

Sementara kelompok pengguna ponsel, ada perbedaan dalam tingkat BMC pada tulang paha kiri dan kanan atas mereka, di mana kepadatan tulang berkurang dibagian pinggang yang menjadi tempat meletakkan telepon selular.

Sravi juga menemukan korelasi antara penurunan kepadatan tulang dengan waktu yang lebih lama dihabiskan di dekat pinggang peserta yang sering menempatkan ponsel mereka di bagian pinggang.

Agaknya, paparan radiasi elektromagnetik dari telepon selular dalam jangka panjang, memungkinkan juga dapat mempengaruhi mineralisasi tulang. Tapi untuk yang satu ini Sravi belum terlalu yakin, itu memerlukan penelitian lebih lanjut.

Tak lupa, catatan Sravi bahwa tes ini akan sangat baik jika dilakukan pada wanita yang lebih rentan terkena dan beresiko osteporosis lebih tinggi, dan pada anak-anak yang sekarang lebih sering terkena radiasi ponsel.

No comments:

Post a Comment

HOT DEAL

ONLINE SHOPING