iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Saturday, June 4, 2011

Masa Keemasan Anak

Masa Pranatal

Pada dekade 1940-an, para ahli psikologi perkembangan mulai menunjukkan perhatian serius pada perkembangan pranatal ini Hurlock (Suharsono, 2002)mengatakan[i], bahwa bebagai riset medis diketahui bahwa kehidupan janin yang sangat singkat dalam kandungan ibu mengalami fase perkembangan yang sangat dahsyat.

Menurut Suharsono[ii]ada empat aspek dasar yang sangat menentukan yang diperbuat ibu dan ayah bagi perkembangan janin. Pertama, aspek fisik dan material. Kedua,aspek moral. Ketiga, aspek intelektual. Keempat, aspek spiritual.

Masa 0-5 th

Berbagai penelitian menunjukkan, lebih dari 50% perkembangan individu terjadi pada usia dini yang merupakan periode subur bagi pertumbuhan otak. Pada masa ini asupan gizi sangat berpengaruh. Selain itu penanaman nilai sangat perlu dikenalkan dan ditanamkan.

Penanaman nilai-nilai pada fase ini dilakukan harus dalam suasana gembira dan menyenangkan, sehingga akan melahirkan anak yang terampil, perkembangan bahasa cepat dan koordinasi inderanya cepat. Para peneliti di Baylor of Medicine menemukan, perkembangan otak anak yang jarang diajak bermain atau jarang disentuh lebih kecil 20% atau 30% dari ukuran normal pada usia itu[iii].



[i] )Suharsono, Melejitkan IQ, IE, & IS, Jakarta, 2002, hal 33

[ii] )Suharsono, Melejitkan IQ IE & IS, Jakarta,2002, hal 37

[iii]).Rahmawti Neny, Ali Nugraha, Kiat Merangsang Kecerdasan Anak, Jakarta, 2003, hal 3

No comments:

Post a Comment

HOT DEAL

ONLINE SHOPING