iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Sunday, April 24, 2011

Meningkatkan Umur Pemakaian Baterai

Tanya
Selain menggunakan handphone secara baik dan benar. Apakah pengasuh ada tips untuk meningkatkan umur pemakaian baterai? Mungkin ada solusi unik yang bisa di share ke kami? Terima kasih

Triwahyuni
Wonosobo – Jawa Tengah

Jawab
Untuk menjawab pertanyaan Anda, sebelumnya perlu dikenali indikasi yang menunjukan baterai rusak atau menurun performanya. Kondisinya seperti :

- Durasi pemakaian sesudah dicharge makin singkat.
- Baterai cepat menjadi panas, baik selama proses charge maupun sewaktu handphone dipakai.
- Baterai / casing membengkak. Baterai dapat diputar jika diletakkan secara horizontal.
- Jika ditekan ada hardspot pada baterai.

Sehubungan dengan umur baterai, ada dua hal yang harus kita perhatikan, yakni bagaimana mengoptimalkan durasi pemakaian baterai dari proses charge pertama ke proses charge berikutnya serta apa saja yang harus dilakukan untuk membuat baterai itu sendiri awet dipakai.

Lalu bagaimana untuk mengoptimalkan durasi pemakaian baterai? Cobalah untuk matikan ponsel pada saat Anda sedang tidak perlu memakainya. Misalnya malam hari saat tidur, juga pada saat kita ada di daerah yang signalnya lemah. Pencarian signal koneksi di area lemah signal akan menguras energi baterai anda. Lalu non aktifkan fungsi-fungsi dan fitur yang kurang diperlukan.

Misalnya :
- Fungsi vibrate. Gunakan ringtone sebagai gantinya. Vibrate menggunakan banyak energi baterai.
- Backlight. Perpendek jarak aktif backlight.
- Matikan fitur bluetooth, infrared, kamera, koneksi internet, WIFI,GPS,dan lain-lain. Terutama jika baterai sudah hampir habis.
- Menggunakan ponsel mode GSM daripada 3G/ Dual Mode. Pilihan yang terakhir ini akan menambah kapasitas baterai 50 persen.


Beberapa tips dari kami untuk memperpanjang umur baterai

- Proses inisialisasi.
Proses ini harus dilakukan pada baterai yang masih baru, sebelum dipakai untuk
pertama kalinya. Untuk baterai berbasis Nikel (NiMH) harus di-charge 16 jam, sedangkan untuk baterai Lithium (Li-on) sekitar 5 sampai 6 jam. Abaikan jika ponsel memberitahukan bahwa baterai sudah penuh, karena petunjuk tadi tidak akurat sebelum baterai di inisialisasi.

- Jaga suhu baterai ponsel Anda.
Baterai ponsel akan awet jika tersimpan pada suhu kamar. Hindarkan ponsel tertinggal di dashbor mobil yang panas, sinar matahari langsung, terkena hujan, ataupun lembab.

No comments:

Post a Comment

HOT DEAL

ONLINE SHOPING