iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Sunday, April 10, 2011

zat aditif makanan

Zat adiktif adalah zatzt atau bahan selain bahan dasar yang sengaja ditambah ke dalam makanan dengan tujuan tertentu. Zt aditif dibedakan menjadi beberapa macam.

a. Zat pewarna

Penambahan zat pewarna ke dalam bahan makanan bertujuan untuk menambah daya tarik makanan sehingga menambah selera. zat pewarna makanan dibedakan menjadi dua, yaitu zat pewarna alami dan zat pewarna buatan.

misalkan warna merah :

pewarna alaminya adalah Karmin, sedangkan pewarna buatannya adalah Karmousubm eritrosit

Selain pewarna tersebut ada pewarna yang dilarang ditambahkan dalam bahan makanan, yaitu pewarna tekstil. Contoh rhodamin B dan dari methanol yellow.

b. Zat Pemanis

Zat pemanis ditambahkan dalam makanan dengan tujuan maempertajam rasa manis. Zat pemanis dapat diperoleh dari gula dan pemanis sintetis seperti sakarin, siklamat, asparta, dan sorbitol.

c. Zat Penyedap Rasa dan Penambah Aroma

Zat aditif ini ditambahkan ke dalam makanan untuk mampertegas cita rasa dan aroma makanan. Bahan penyeda[ rasa yang banyak digunakan yaitu vetsin atau MSG (monosodium glumat). Bahan penambahan aroma yang ditambahkan ke dalam makanandi antaranya sebagai berikut.

Benzoladehid = Ceri

amil asetat = pisang

amil kaproat = apel

propilasetat = pir

benzyl asetat = strawberi

mentol = mint

d. Zat Pengawet

Tujuan penambahan zat pengawet ke dalam makanan yaitu untuk menghambat pertumbuhan mikrobia sehingga makanan dapat bertahan lebih lama. Contoh zat pengawet: natrium benzoate, asam benzoate, natrium nitrat, natrium nitrit, dan asam propionate. Pengawet yang dilarang digunakan yaitu: formalin dan boraks

No comments:

Post a Comment

HOT DEAL

ONLINE SHOPING