iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Sunday, March 20, 2011

Perkembangan Robot Jepang

Kali ini saya akan coba membahas tentang Perkembangan Robot Jepang. Namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita mengetahui dulu asal mula kata Robot itu sendiri, mungkin diantara kita ada yang belum mengetahui asal mula dari kata Robot itu sendiri. Berikut kilasan singkatnya


Asal kata Robot

Kata robot pertama kali diperkenalakan oleh seorang penulis dari Czech yang bernama Karel pada tahun 1921. Kata Robot berasal dari kata ‘robota’ yang berarti: Pekerja Sendiri, Kata robot diperkenalkan kepada masyarakat dalam permainannya RUR (Rossum's Universal Robot), yang diterbitkan pada tahun 1920.


Robot Pertama Buatan Jepang

Gakutensoku, robot pertama yang dibangun di Jepang, telah dibuat di Osaka pada tahun 1929. Robot ini dirancang dan diproduksi oleh ahli biologi Makoto Nishimura (1883-1956)

Gakutensoku bisa mengubah ekspresi wajah dan menggerakkan kepala dan tangan melalui mekanisme tekanan udara. Ia memiliki panah Sinyal berbentuk pena di tangan kanan dan lampu bernama Reikantō ( , "cahaya inspirasi") di tangan kirinya. Bertengger di atas Gakutensoku adalah robot berbentuk burung bernama Kokukyōchō. Ketika Kokukyōchō menangis, maka mata Gakutensoku tertutup dan ekspresinya menjadi termenung. Ketika lampu bersinar, Gakutensoku mulai menulis kata dengan pena.


Namun sayang robot pertama buatan Makoto Nishimura ini hilang saat pameran dijerman pada tahun 1939.

Robot Acroid

Actroid merupakan sebuah robot humanoid (Teknologi yang dibuat memiliki kemiripan dengan bentuk manusia) yang dikembangkan oleh Universitas Osaka dan diproduksi oleh Kokoro Company Ltd. Pertama kali diperkenalkan tahun 2003 pada Pameran Robot Internasional di Tokyo, Jepang. Beberapa versi yang berbeda dari produk yang telah diproduksi sejak saat itu. Pembuatan robot ini diciptakan layaknya seorang wanita muda beketurunan Jepang.

Actroid merupakan contoh pelopor mesin nyata yang disebut dengan istilah fiksi ilmiah android atau gynoid, sejauh ini hanya digunakan untuk robot fiksi. Rabot ini dapat meniru fungsi-fungsi manusia seperti berkedip, berbicara, dan bernapas. The "Repliee" model robot interaktif dengan kemampuan untuk merespon, mengenali dan berpidato.

Teknologi biasa membuat saya gigit jari dengan perubahan-perubahan yang sangat signifikan, hal yang menurut kita mustahil pun bisa terjawab dengan adanya
perkembangan teknologi robot tersebut. Kalau menurut sobat gimana?

No comments:

Post a Comment

HOT DEAL

ONLINE SHOPING