iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Saturday, March 12, 2011

Teknik Menyaring Informasi Dari Google

Teknik Menyaring Informasi Dari Google

Google lagi google lagi. Pasti dah pada kenal kan. Pertama kali aku denger kata ini mungkin sekitar tahun 90-an. Waktu pertama kali kenal google.com yang aku inget adalah serial tv aksi anak-anak yaitu Google V. Serupa dg power rangers gitu deh. Klo dulu film ini kayaknya keren banget ya. Sekarang sih udah ngga ada kali ya.

Kembali ke soal google yg sekarang. Google yg kita kenal sekarang merupakan sebuah mesin pencari terbesar saat ini. Google adalah salah satu alat yg paling sering saya gunakan untuk mengexplorasi berbagai data, informasi dan pengetahuan. Jadi pertanyaan mendasarnya adalah “apa itu search engine?” Mengutip definisi Dr.Richardus Eko Indrajit, “search engine adalah sebuah program yang dapat diakses melalui internet yang berfungsi untuk membantu pengguna komputer dalam mencari berbagai hal yang ingin diketahuinya”. Jadi yang pingin tahu apapun, pingin pinter, cari buku, lowongan kerja, info cpns 2008, dll ya manfaatin dong googlenya.

Aku sebut dg “Pesugihan Mbah Google”. Sugih itu kan artinya kaya. Jadi bisa berarti tempat mencari kekayaan. Bener nggak? Kaya juga relatif. Kaya hati, kaya harta, kaya dosa… nah lho! Karena google itu gudangnya harta si qarun yang mobile tentunya ada positif negatifnya. Yang di cari soal negatif tentu kalian dah pada pinter dengan keyword yg sering di pake. Jadi dalam hal ini aku pake yg bagusnya aja deh.

Teknik Menyaring Informasi
Kebanyakan dari kita yg sering menggunakan google ini tidak memanfaatkan secara penuh kekuatan yg dimiliki mbah google ini. Jadinya, banyak membuang waktu, buang duit juga, seringnya menemukan data yg tidak relevan. Kalau dah gini yg susah kita-kita juga kan.

Untuk mencari informasi yg relevan sebenarnya ada dua cara. Pertama dengan menggunakan tehnik simbol matematika dan kedua dengan simbol bolean. Makanan apaan tuh? Tenang, aku buat semudah mungkin deh.

Klo kamu pernah baca postingan google hacking di blog ini tentunya kamu akan menemukan banyak simbol aneh yg jarang dipakai namun sangat bermanfaat. Terlebih bila anda penggila download.

Simbol Matematika
(+) Tanda Plus
Tanda plus ini digunakan bila anda ingin mencari berbagai dokumen dengan kata kunci lebih dari satu.
Misal: “IDM+Patch+5.12″
Contoh tersebut bermaksud meminta kepada google untuk dicarikan berbagai sumber file yang berhubungan atau didalamnya ada kata “IDM”, “Patch”, “5.12″ ini. Cara ini akan lebih efektif dibanding dg satu kata pencarian. Semakin banyak tanda plus semakin membuat search engine untuk fokus dan menjadi lebih spesifik.
(-) Tanda Minus
Yang ini bisa diartikan sebagai kecuali. Contoh: Scholarship +Master +Degree -Singapore -Australia. Bisa berarti info beasiswa yg tidak di inginkan adalah yg berasal dari singapura dan australia. Jadi tanda minus “-” bisa digunakan untuk mengecualikan kata-kata tertentu dalam pencarian. Misal kita ingin mencari kata “linus tanpa linux”, kita bisa menggunakan “linus -linux”
(”) Tanda kutip
Tanda ini digunakan untuk memperkecil/ fokus pencarian ke hal2 yg di inginkan. Contohnya: “Portal Bisnis Indonesia”. Dg begini google hanya akan mencari tiga kata tersebut dalam satu kesatuan (tidak terpisah2 spt tanda plus). Jadi klo mau misal cari situs lowongan kerja masukkan keyword dg spesifik aja. misal “Situs Lowongan kerja”. Jadi banyak pilihan kan!
( ) Tanda spasi
Karena spasi ngga keliatan kita ambil contohnya aja. Misal: mata uang. Tanda spasi ini bisa berarti “atau”. Klo kamu pake spasi tentunya hasilnya atau juga. Jadi lebih baik tinggalkan cara ini ya. Karena ini yg paling banyak digunakan. Termasuk kamu? hayoo ngaku.. Ngga tau kan sebelumnya.

Simbol Bolean
Simbol pertama adalah OR. Bisa berarti “atau” juga seperti halnya spasi dalam simbol matematika. Misal: Lowongan OR Sekretaris OR Manager. Oh ya OR ini bebas digunakan beberapa kali. Maksudnya adalah search engine akan mencari seluruh dokumen atau web yg mengandung kata “Lowongan”, atau “Sekretaris”, atau “Manager” atau yg mengandung ketiga kata tersebut. Jadi digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya berisi salah satu dari keyword. Note: OR dituliskan dengan huruf besar semua. Keyword: hacker OR cracker. Hasilnya pencarian akan mengandung kata “hacker” atau “cracker”
Simbol kedua adalah AND. Artinya kurang lebih sama dg tanda plus pada simbol matematika. Secara Default Google menggunakan keyword and ini.
Dan bisa berarti “dan”. Contoh: Artis AND Indonesia AND Popular. Searching key tersebut akan mencari seluruh web di internet yg didalamnya terkandung tiga kata, yaitu “artis”, “indonesia”, dan “popular”. Keyword: menjadi hacker. Hasilnya pencarian akan mengandung kata “menjadi” dan “hacker”
Simbol ketiga adalah NOT. Sama dengan tanda minus pada simbol matematika.
Simbol ke empat adalah NEAR. Contoh: Kost NEAR Kampus. Perintah ini akan mengintruksikan search engine untuk mencari situs yg mengandung kata “kost” dan “kampus” yang jarak (jumlah kata di antara kedua kata tersebut) berdekatan.

Dari semua simbol, sebagian besar bisa di gabungkan. Sesuaikan saja dg apa yg anda cari.

Info tambahan:
- Google tidak “case sensitive”. Keyword: linux = LINUX = LiNuX. Akan menghasilkan hal yang sama
Google akan mengabaikan pencarian dengan kata-kata umum seperti “how” dan “where”. Jika kata-kata umum ini begitu penting, anda bisa menambahkan “+” didepan keyword tersebut. Keyword: hacker how ==> Kata “how” akan diabaikan. Keyword: hacker +how ==> Kata “how” akan diikutsertakan
Google tidak mendukung pencarian * sebagai pengganti huruf. Misalkan kita ingin mencari dengan kata depan menja*. Google tidak mencari kata “menjamu”, “menjadi”, “menjalar”, dll. Google akan menghasilkan pencarian hanya yang mengandung kata “menja”.
Tetapi google mendukung penggunaan * dalam pencarian kalimat. Keyword: “menjadi * hacker”. Hasilnya pencarian dapat menghasilkan “menjadi seorang hacker”,
“menjadi white hacker”, dll.

No comments:

Post a Comment

HOT DEAL

ONLINE SHOPING