iklan

my image

BACK UP HERE

SIGN UP HERE!!!!

welcome

welcome to my blog ^_^

BEST PRICE!!!!!

Tuesday, March 15, 2011

Tips Cara Mencari/Memberi Nama Anak Bayi Yang Baik Dan Bermakna

Kegiatan memilih dan memberi nama kepada bayi kita yang baru lahir merupakan sesuatu yang wajib untuk kita lakukan sebagai orang tua. Tetapi bisa saja bukan kita yang memberi nama tetapi bisa orang lain seperti orang tua, mertua, kakek, nenek, sesepuh, pemuka agama, teman, saudara, artis, dan lain-lain. Jika kita tidak punya ide memberi nama apa pada bayi kita, maka biarkan orang lain yang ahli memberi nama.

Terlepas dari itu semua, siapa pun yang membuat nama anak bayi kita, tetap saja ada hal-hal yang harus kita perhatikan benar-benar agar di kemudian hari tidak ada yang merasa dirugikan. Kita puas dengan nama yang baik, anak kita bangga dengan namanya yang bagus, dan orang lain tidak ada yang keberatan dengan pemberian nama anak kita tersebut. Pemberian nama anak bayi yang salah bisa berakibat fatal dan membuat kita merasa tidak nyaman seumur hidup kita.

Beberapa Hal Penting (Tips) Yang Perlu Diketahui Dalam Menciptakan dan Memilih Nama Untuk Anak Bayi Kita :

1. Buat Nama Yang Artinya Baik

Nama adalah doa, oleh sebab itulah jangan buat nama yang punya arti yang buruk. Jangan main-main dengan nama anak karena anak kita punya hak untuk diberi nama yang bagus atau suatu saat nanti dia akan protes atas namanya sendiri dan bisa-bisa dia mengubah namanya sendiri karena membenci nama pemberian orangtuanya.

2. Harus Indah, Mudah Diucapkan dan Enak Didengar Telinga

Nama yang diberikan kepada anak kita harus yang baik-baik sehingga orang yang mendengar nama anak kita akan membayangkan seseorang yang hebat di atas rata-rata orang normal namun tetap auranya positif. Perhatikan pula nama singkat atau nama panggilan untuk anak kita kelak harus didapat dari nama panjangnya dengan nama yang baik pula keindahan dan artinya.

3. Tegas Menegaskan Siapa Anak Kita

Jangan memilih nama anak perempuan untuk anak lakilaki dan memilih nama laki-laki untuk diberikan kepada anak perempuan. Pilih nama yang pasti orang tahu jenis kelamin anak kita. Misalnya hindari nama dian untuk anak laki-laki dan nama dani untuk anak wanita. Dari nama juga orang harus tahu bahwa anak kita adalah anak yang suatu saat bisa menjadi orang hebat dan berasal dari keluarga yang bahagia dan hebat pula. Di nama belakang juga bisa kita beri nama kita, orangtua atau yang lebih tua yang kita hormati seperti nama marga.

4. Jangan Terlalu Panjang dan Sulit Dieja

Berikan nama yang singkat paling panjang 3 kata atau 10 suku kata. Semakin panjang nama anak maka akan semakin menyulitkan anak kita dalam menuliskan namanya dan menyulitkan orang lain untuk menghapal/mengingat nama anak kita. Dalam mengisi lembar jawaban ujian pun butuh waktu yang cukup lama untuk menulis nama dengan pensil 2B jika memakai lembar jawaban komputer.

5. Nama Tidak Pasaran (Jarang Dimiliki) Dan Bukan Nama Orang Terkenal

Hindari nama yang sudah banyak yang punya. Bila memungkinkan berikan nama unik yang jarang/belum ada yang punya tetapi tetap bagus dan indah sesuai tips di atas. Melakukan kombinasikan nama unik dan nama biasa juga baik tetapi tetap harus serasi antara nama depan dan nama belakang. Jangan berikan nama penjahat atau nama tokoh antagonis. Hindarkan juga memberi nama orang atau artis yang sedang terkenal walaupun orangnya baik karena anak kita akan terus di bawah bayang-bayang orang terkenal itu. Bayangkan jika orang yang terkenal itu tiba-tiba jadi jahat.

----

Jika anda punya banyak ide nama untuk nama bayi anda sebaiknya tuliskan semua nama beserta artinya lalu bandingkan satu sama lain. Bila perlu berikan bobot penilaian untuk mengetahui mana yang terbaik untuk anak kita. Pilih salah satu dan simpan sisanya untuk anak berikutnya atau anak orang lain yang butuh ide nama untuk nama anak bayinya yang mau atau baru saja lahir ke dunia.

Semoga artikel ini berguna bagi kita semua. Sekian Terima Kasih!

1 comment:

HOT DEAL

ONLINE SHOPING